Senin, 12 November 2012

Ternak Ayam Broiler dengan Sistem Kemitraan

Beternak ayam broiler dengan sistem kemitraan mungkin menjadi pilihan yang relatif aman khususnya untuk peternak pemula atau peternak yang sibuk dengan bisnis yang lainnya. Mengapa demikian?

Secara sederhana beternak ayam dengan sistem kemitraan adalah beternak ayam broiler di mana bibit ayam (DOC), pakan maupun pemasaran dikelola oleh pihak inti, sedangkan peternak sebagai pihak mitra menyediakan kandang dan operatornya untuk mengelola bibit yang diberikan sampai ayam siap panen. Kerja sama didasari atas kesepakatan antara pihak inti dan mitra yang umum disebut dengan kontrak. Kontrak meliputi harga DOC, pakan, ayam terjual, obat-obatan dan yang lainnya seperti bonus/insentif dengan persaratan tertentu.

Dari difinisi di atas kita bisa mengetahui kemudahan-kemudahan peternak yang bermitra:
  1. Peternak tidak perlu repot-repot mencari bibit sendiri. Bila mitra sudah menyepakati kontrak, maka pihak inti akan membuat setingan DOC untuk kandang kita. Yang perlu dilakukan peternak mitra adalah mempersiapkan kandang. Sebelum DOC datang kandang sudah siap, memiliki arti penting untuk mengoptimalkan genetik dari DOC yang akan diterima.
  2. Peternak tidak perlu repot-repot mencari pakan semdiri. Pihak inti sudah menyeting pakan selama pemeliharaan.
  3. Peternak tidak perlu repot-repot mencari bakul sendiri. Pihak inti akan memasarkan ayam ke bakul-bakul.
  4. Dalam proses pemeliharaan peternak dibantu oleh seorang atau tim PPL/TS dari pihak inti. PPL atau TS akan membantu teknis pemeliharaan sampai ayam panen.
  5. Peternak mitra berpatokan pada harga kontrak, artinya tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga baik ayam, pakan maupun DOC.
Saat ini sangat banyak pihak-pihak yang menawarkan menjadi inti baik dari pabrikan maupun poultry shop. Masing-masing menawarkan keuntungan dan sejumlah kemudahan untuk bergabung. Pilihan peternak untuk bergabung ke mana sangat banyak pilihan, di sisi lain tentunya kompetisi antar inti semakin ketat.

Hal-hal yang umumnya peternak harapkan adalah:
  1. Keuntungan yang memuaskan.
  2. Kepastian kelanjutan bisnisnya, maksudnya adalah adanya komitmen dari inti untuk terus bermitra.
  3. Pelayanan dari unsur pihak inti seperti PPL atau TS, marketing dan dokter hewan (kalau ada).
  4. Kualitas bibit (DOC) dan pakan yang baik.
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan tidak ingin ditinggalkan mitranya maka pihak inti juga melakukan, misalnya; perbaruan harga kontrak, perbaruan persaratan bergabung, upgrade kemampuan, pengetahuan PPL atau TSnya dengan seminar maupun diskusi-diskusi seputar pemeliharaan ayam.
Apabila Anda TS atau PPL apakah sudah melakukan ini? bila belum segeralah!
Demikian gambaran ternak ayam broiler dengan pola kemitraan.
Semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. Pa Fatkhul, saya tertarik dengan sistem kemitraan seperti yang diulas pada blog ini. Untuk sistem kemitraan sendiri apa Bapa punya rekomendasi pihak inti di wilayah Bandung?

    BalasHapus
  2. maap pak RYAN bisa menghubungi saya di 081314464429 saya juga sedia doc broiler pt pokphan cp707. cibadak . sirad .kms dll dan pakan murah untuk peternak mandiri. trimks BUDI

    BalasHapus
  3. salam kenal

    nama saya irvan,saya ingin belajar lbh dlm lg tentang ternak ayam broiller dgn sistem kemitraan caranya bagaimana biar keinginan saya bisa terwujud karena saya tdk memiliki pengalaman dlm berternak ayam broiller. saya berdomisili d wilayah bandung.saya tunggu informasi lbh lanjut.....

    BalasHapus
  4. siang pak Fatkhul, nama saya Agung, saat ini saya sedang membuka lahan seluas 1100m2 di bali, saya sedang mempertimbangkan kemitraan antara Japfa dgn Chaoren pokphand, bisa kasi saran utk plus minus masing2 perusahaan inti ini,pak ?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Saya ingin bermitra,, tapi saya bingung kemana saya harus cari inti atau perusahan,, saya di jawa barat cipanas, cianjur,
    trimksh,,

    BalasHapus
  6. apa ada yg punya info mengenai kemitraan peternak ayam jantan di bandung?trims

    BalasHapus
  7. apa ada rekomendasi kemitraan yang di wilayah jateng dan kami tingal di kabupaten purworejo kecamatan bruno desa tegalsari di desa kami sudah bnyk kandang ayam yang ikut mitra . tapi kami mau jg ikut belajar bagemana sistim kerja sama kemiraan dri pihak bpk swn bls

    BalasHapus
  8. saya tetarik utk menjalin kerja sama dengan pihak inti.. apa ada rekomendasi untuk wilayah medan.. saya tinggal dikabupaten deli serdang...

    BalasHapus
  9. salam kenal

    nama saya Andi,saya ingin belajar lbh dlm lg tentang ternak ayam broiller dgn sistem kemitraan caranya bagaimana biar keinginan saya bisa terwujud karena saya tdk memiliki pengalaman dlm berternak ayam broiller. saya berdomisili d wilayah cikalongsaya tunggu informasi lbh lanjut.....
    Balas

    BalasHapus
  10. kalau di Aceh ada gk perusahaan mitra sperti yg bpk ceritakan diatas? trus selain kandang dan lahan apa saja syaratnya lainnya pak? trims

    BalasHapus